Rabu, 21 Februari 2018

Volume Jebol Maksimal



Polusi itu kan ada macem2 ya, ada polusi udara, polusi air, polusi tanah, polusi suara, polusi tidur, dan lainnya. Malem minggu ini kebetulan lagi kena yang namanya polusi suara.

Jadi ada tetangga lagi ngadain acara. Itu acara, lagunya keras amat, sampe getarannya kayak calon gempa. Volume speakernya mungkin udah disetting sampe after maksimal, sampe jebol. Gak kebayang deh orang yang duduk deket speaker.

Biasanya aku kalo nyetel lagu, volumenya gak terlalu keras, cenderung mendekati low. Pake headset juga sama, volumenya low. Walau udah di suaranya udah pelan, tapi kotoran telinganya aja udah banyak. Apalagi yang biasa dengerin volume maksimal sampe jebol, kotoran telinganya udah jadi gendang telinga yang baru mungkin

Kemudian aku berpikir, kenapa kalo orang sini ngadain acara, volumenya sampe jebol maksimal?

Mungkin mereka gak ada niatan buat bikin polusi suara. Volume jebol maksimal itu murni buat nunjukkin betapa senangnya mereka karna ngadain acara. Makin keras suaranya, makin bahagia si pemilik acara. Kayak konser acara musik, suaranya keras kan biar keliatan meriah acaranya.

Jadi, daripada aku mengeluh karna polusi suara, mungkin aku coba memahami. Setelah paham, aku coba menikmati. Kalo udah tau nikmatnya volume jebol maksimal, mungkin aku bisa tidur nyenyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar