Senin, 09 April 2018

Tokoh Jahat Favorit


Dimana ada protagonis, disitu ada antagonis. Dimana ada tokoh utama, disitu ada tokoh penjahat utama. Kalo gak ada mereka berdua, film jadi hambar.

Biasanya porsi nongol tokoh antagonis gak sebanyak protagonis. Ya namanya juga film ya, kita diarahkan buat peduli sama tokoh utamanya. Bukan berarti abis itu tokoh antagonisnya gak diseriusin karna fokus ke protagonis.

Aku sendiri lebih suka sama film yang mau nyeritain antagonisnya juga. Jadi gak cuma nunjukkin kenapa si antagonis jahat atau berlawanan sama si protagonis. Tapi juga nyeritain kenapa si antagonis kelakuannya gitu. Apa latar belakangnya, permasalahannya, kata pengantarnya, bab 1, bab 2, penutup.

Apalagi kalo film superhero. Yang jaman dulu umumnya lebih nunjukkin jahatnya si antagonis. Kalo sekarang, lebih suka yang antagonisnya beralasan, gak cuma modal jahat doang.

Misalnya kayak Spider-man Homecoming. Musuhnya ngelakuin hal jahat demi kehidupan keluarganya. Bahkan pas dia punya kesempatan buat ngekill si jagoan, tetep lebih milih ngurus kerjaan demi keluarga.

Contoh lagi kayak Black Panther. Musuhnya gak tahan liat penindasan, dan ngerasa negaranya bisa bantu banyak buat melawan penindas. Trus dia jadi nekat deh buat ngejahatin tokoh utama.

Film-film yang nunjukkin alasan si antagonis kelakuannya gitu, menurutku termasuk film yang adil. Karna dari situ, kadang aku malah mikir, kayaknya si antagonis gak jahat-jahat amat. Malah jadi kasian mereka, ada disituasi sulit. Sama kayak kehidupan ini, ada orang yang ngelakuin kriminal karna ada disituasi sulit. Padahal aslinya bisa jadi baik.

Gak ada orang yang lahir jadi penjahat. Situasilah, yang bikin orang jadi jahat.Termasuk Thanos, musuh besar di dunia marvel, waktu lahir pasti imut-imut juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar